Aturan Lengkap Perhitungan Poin Di Capsa Susun

capsa-susun-online

Aturan Lengkap Perhitungan Poin Di Capsa Susun – Masih menyambung artikel yang sebelumnya mengenai Capsa Susun, disini kita akan membahas mengenai topik Aturan Lengkap Perhitungan Poin Dalam game online Capsa Susun. Bahasan kali ini wajib anda simak dan pahami sebelum terjun langsung ke permainan Capsa Susun Online yang beredar luas di dunia maya. Tentu untuk memahami konsep permainan Capsa Susun, anda harus tahu bagaimana proses penilaian dan cara penghitungan poin kemenangannya bukan ? Dengan demikian anda akan mengetahui apakah anda dalam posisi menang atau kalah. Sekarang, langsung saja kita masuk ke dalam inti bahasannya :

Baca juga : Jenis Games Capsa Susun Online

Aturan Perhitungan Point

Poin akan dihitung ketika semua pemain yang ada sudah selesain menyusun kartu yang mereka dapatkan dan membukanya untuk dinilai. Ketika anda memenangi susunan dari satu pemain akan tetapi pemain lawan mengelahkan anda dalam susunan tersebut, maka anda tidak menang atau tidak kalah alias draw. Dalam perbandingan kartu, jika anda memenangkan 1 susunan kartu maka anda berhak mendapatkan 1 poin dna jika anda kalah dalam satu susunan maka poin anda akan dikurangi 1. Akan tetapi, jika anda memiliki skema kartu spesial atau special card maka poinnya akan berbeda. Mari kita lihat dibawah ini :

Baris Atas

Ada satu jenis skema kartu yang bernilai di baris atas atau baris awal ;

Three of Kind = 5 poin

Baris Tengah

4 skema kartu yang bernilai tinggi (diatas 1) pada baris tengah atau baris 2 ;

Full House = 3 poin

Four of Kind = 14 poin

Straight Flush = 18 poin

Royal Straight Flush = 22 poin

Baris Bawah

Baris paling bawah juga memiliki 4 skema kertu spesial namun tidak memiliki poin setinggi baris tengah sebab baris bawah memang diperuntukan untuk kartu tertinggi ;

Full House = 1 poin

Four of Kind = 7 poin

Straight Flush = 9 poin

Royal Straight Flush = 11 poin

Tidak Bergantung Baris

Skema kartu spesial dibawah ini tidak bergantung pada letak satu baris, sebab merupakan kombinasi dari seluruh baris yang ada ;

3 Stright = 9 poin

3 Flush = 9 poin

6 Pairs = 9 poin

5 Pairs dan 1 three of kind = 18 poin

Warna Sama = 24 poin

Dragon = 39 poin

Dragon Straight Flush = 139 poin

Keterangan Tambahan

Untuk istilah seperti royal flush, straight flush, flop, three of kind, two pair atau pair dan seternya, memiliki aturan skema yang sama seperti pada permainan poker. Jika anda sudah sering bermain poker, maka anda akan langsung mengetahui tentang hal ini. Khusus untuk dragon sendiri, merupakan istilah yang kurang familiar, namun secara umum, aturannya sama seperti stright flus. Dimana susunan skema kartu dengan jenis kartu yang sama dan berurutan. Untuk Dragon Straight Flush, skema kartunya adalah 13 kartu poker dengan nilai berbeda yang berurutan (A, 2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K) dengan daun yang sama misalnya wajik, keriting, hati atau sekop. Jika anda mendapatkan Dragon Straight Flush maka anda akan memiliki kemenangan mutlak, anda tinggal menyusunnya dengan benar dari atas ke bawah ( kecil ke besar).

Poin Pelanggaran

Dalam permainan Capsa Susun ada juga poin pelanggaran, namun hal ini jarang terjadi. Namun bagi anda yang masih pemula terkadang terkena akumulasi fatal ini. Poin pelanggaran dalam Capsa Susun akan didapatkan si pemain ketika mereka gagal menyusun kartu sesuai aturan yang ada. Misalnya aturan baku dimana baris pertama harus lebih kecil dari baris kedua dan baris kedua atau baris tengah harus lebih kecil dari baris dibawahnya atau dalam kata lain semakin bawah baris tersebut, maka akan smeakin tinggi nilainya dan tidak boleh lebih kecil. Jika anda melanggar aturan ini anda akan dikenakan poin pelanggaran yaitu pengurangan terhadap poin atau dapat dikatakan anda melakukan kesalahan fatal yang membuat anda kalah langsung kendati anda memiliki satu atau dua baris yang lebih baik dari lawan anda.